HomeSektor Tata RuangPerkotaanAmerika dan California

Amerika dan California

Amerika dan California

Pemerintah Meksiko dan California yang menggunakan bahasa Spanyol menjadi semakin curiga terhadap motif “Amerika” di Amerika Serikat. Pada tahun 1844, John Charles Fremont meminpin sekelompok insinyur topografi Angkatan Darat yang “secara tidak sengaja” melintasi dari Sierras menuju California dan  melakukan perjalanan jauh menuju Lembah San Joaquin sebelum mereka membuat jalur perjalanan untuk kembali pulang. Pada tahun 1845, seorang petugas Angkatan Laut AS, salah menginformasikan mengenai hubungan antara negaranya dengan Mesiko, yang berlayar menuju Monterey Harbor dan menyatakan kemenangan dalam perang yang tidak pernah ada. Fremont kembali pada bulan Desember 1845, seolah-olah untuk melakukan survei perjalanan dengan melewati Sierra yang digunakan oleh kereta emigran Amerika.

Fremont beserta 60 pengintai bersenjata dan para tentaranya telah bersiap untuk menghadapi musim semi di tahun 1846, ketika desas-desus beredar tentang perang yang akan terjadi antara Meksiko dan Amerika Serikat. Pada tanggal 10 Juni, orang-orang Amerika di dekat Sonoma telah mempersiapkan persenjataan dan mendeklarasikan bahwa Republik California yang merdeka dengan bendera buatannya bertuliskan satu bintang dan bergambar yang dicat abu-abu, dan dengan demikian pemberontakan mereka telah dimulai dengan nama “Pemberontakan Bendera Beruang”. Fremont pun bergabung dengan pemberontak di republik tersebut yang hanya berlangsung untuk waktu sementara dan kemudian berakhir pada 9 Juli, ketika Amerika mengetahui bahwa negara mereka dan Meksiko secara resmi berperang dan bahwa sebuah kapal perang Amerika berada di Monterey Harbor. Fremont dan anak buahnya telah terdaftar dalam operasi militer resmi, hingga Republik California sudah tidak ada lagi.

Terdapat pertempuran sengit yang terjadi diantara pasukan Meksiko dan para peternak di California yang berlangsung di satu arah dan tentara Amerika berserta dengan para pemukim di sisi lain sebelum Perang Meksko di California berakhir dengan bantuan Amerika yang dipimpin oleh Cahuenga Capitulation pada Januari 1847. Sebelum perang tersebut berakhir, satu Batalion Mormon yang telah mendaftar di Angkatan Darat di Iowa tiba. Pada bulan Maret, mereka bergabung dengan 1.000 anggota resimen dari New York yang juga datang untuk berperang. Namun, karena orang-orang Mormon telah terikat untuk bergabung dengan Brigham Young dan para koloninya, maka mereka sekarang berlokasi di Utah, dan karena sebagian besar orang New York telah berjanji bahwa mereka akan tetap berada di California setelah perang, maka mereka tidak merasa kecewa apabila mereka ketinggalan pertempuran perang tersebut.

Mereka merasa tidak sabar untuk bisa segera menunggu waktu yang tiba untuk berkenalan dengan bagian terbaru dari Amerika Serikat. Wilayah Alta California adalah rumah bagi 150.000 masyarakat adat dan 14.000 penduduk keturunan Eropa dan Meksiko. Sebagian besar suku etnis asli yang masih hidup tinggal di utara pegunungan, dimana terdapat misi para leluhur yang belum terpenuhi dalam menyebarkan agama Kristen dan penyakit-penyakit di Eropa, sementara sebagian besar dari 14.000 pendatang baru ini tinggal di bagian selatan, berkelompok di sekitar Monterey dan Los Angeles. Terdapat orang-orang Eropa yang bermukim di bagian utara, beberapa tinggal di komunitas perdagangan kecil yang dinamakan Yerba Buena, yang baru-baru ini dinamai kembali sebagai San Fransisco, dan yang lain bermukim di sekitar Benteng Sutter di Sacramento. Semua penduduk menyadari bahwa pemerintahan Amerika Serikat akan membawa perubahan besar, tetapi tidak ada yang bisa mengantisipasi seberapa cepat perubahan itu akan terjadi. (Essay ini diambil dari CONGRES.GOV United States Legislative Information)

Share For Social Network

Website designed for Pusat Studi Infrastruktur Indonesia