HomeSektor Tata RuangProyek Infrastruktur 12 Kebun Raya Telan Rp182 Miliar

Proyek Infrastruktur 12 Kebun Raya Telan Rp182 Miliar

TEMPO.COJakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  melakukan pembangungan infrastruktur pendukung di 12 Kebun Raya sepanjang  2016, dengan APBN senilai Rp182 miliar.

Ke-12 Kebun Raya tersebut yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibinong, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali, Kebun Raya Liwa, Kebun Raya Kuningan, Kebun Raya Baturraden, Kebun Raya Banua, Kebun Raya Balikpapan, Kebun Raya Jompie Parepare, dan Kebun Raya Kendari.

 

Pembangunan infrastruktur di Kebun Raya berdasarkan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian PU dan LIPI tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dalam bentuk kebun raya pada tahun 2014, yang diikuti keluarnya Roadmap Pembangunan Kebun Raya sebagai Ruang Terbuka Hijau pada Kawasan Perkotaan di Indonesia Tahun 2015-2019.

“Pembangunan Kebun Raya di Indonesia juga tidak terlepas dari bagian Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) untuk perwujudan RTH di kawasan perkotaan. Perwujudan RTH tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, yaitu perlunya pemenuhan RTH di kawasan perkotaan sebesar 30 persen dari luas kawasan perkotaan,” kata Menteri PUPR Basuki  Hadimuljono melalui keterangan resmi, Jumat (10/02)

Pembangunan Kebun Raya lebih menekankan pada pelaksanaan lima fungsi kebun raya, yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan dan inisiasi pembangunan Kebun Raya Daerah. Dengan program tersebut, disamping menambah luasan RTH, juga memberikan manfaat bagi keberlangsungan fungsi ekologis dan sebagai tempat rekreasi/ wisata bagi masyarakat.

"Kebun Raya juga diharapkan bisa menjadi daerah tampungan air dan menahan air di daratan selama mungkin saat musim hujan," kata Menteri Basuki Hadimuljono.

Pada  2016, dana dukungan infrastruktur di 12 Kebun Raya sekitar Rp 182 miliar, yang digunakan untuk pembangunan fisik, ruang terbuka hijau (RTH), dan pengawasan dengan durasi selama 180 hari kalender.

Berikut daftar infrastruktur di 12 Kebun Raya yang telah dibenahi:

1. Pada Kebun Raya Bogor kegiatan yang dilakukan yakni pembangunan dan rehabilitasi gedung lama eks mikrobiologi, pekerjaan garden shop dan signage.

2. Pada Kebun Raya Cibinong dilakukan pembangunan gedung pengelola dan rumah kompos. Selain itu dilakukan penataan RTH berupa taman tematik tumbuhan obat dan taman tematik air.

3. Pada Kebun Raya Cibodas, di kaki Gunung Gede, Jawa Barat dilakukan pembangunan gedung gallery souvenir, gedung peneliti, rumah kaca, rumah paranet, penataan RTH berupa pembangunan parkir taman sakura, parkir taman gedung pendidikan dan taman tematik Liana.

4. Pada Kebun Raya Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dilakukan penataan rumah kaca dan pekerjaan garden shop. Pekerjaan penataan ruang terbuka dengan membangun taman area gedung serbaguna, taman area gedung konservasi, dan taman area aquatik dan paku.

5. Pada Kebun  Raya  ‘Eka  Karya’  Bali  di  daerah Bedugul, Bali dilakukan pembuatan jalan setapak, pembuatan pedestrian dan pembuatan bangunan kopel.

6. Pada Kebun  Raya  Liwa di Kabupaten  Lampung  Barat dilakukan pembuatan pagar, pintu gerbang dan tugu.

7. Pada Kebun Raya Balikpapan dilakukan pembangunan jalan dan fasilitas umum, restoran, pendopo, plaza, garden shop, shelter dan pagar pembatas lahan.

8. Pada Kebun Raya Kuningan di Kabupaten Kuningan dilakukan pembangunan _guest house_, penataan landscape, green house display dan lanscapenya, rumah pembibitan dan gazebo. Sementara untuk penataan RTH dibangun tempat bermain anak, plaza tembok batu, jalur trek taman, amphiteather, area parkir utama dan pos jaga.

9. Pada Kebun Raya Baturraden di Kabupaten Banyumas dilakukan pembangunan rumah kaca, pekerjaan lanjutan gedung pengelola dan pembangunan landscape.

10. Pada Kebun  Raya  Banua di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan dilakukan pembangunan area kedatangan pengunjung dan penataan RTH berupa pembangunan gerbang masuk, taman-taman, kolam, mushola, gazebo dan terowongan tanaman.

11. Pada Kebun Raya Jompie Parepare dilakukan pembangunan gedung pengelola, gedung konservasi, gazebo, dan gerbang  serta landscape.

12. Pada Kebun Raya Kendari dilakukan pembangunan gedung pengunjung, dan gedung kantor pengelola. Sementara penataan RTH dilakukan pembuatan area berkemah, pematangan jalan dan penurapan, gerbang utama dan pagar keliling

Website designed for Pusat Studi Infrastruktur Indonesia