HomeSektor Lingkungan

Asosiasi Perhotelan dan Pusat Belanja Diajak Ikut Sukseskan PrepCom3 di Surabaya

KBRN. Surabaya: Akhir Juli 2016 nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya punya gawe besar. Surabaya dipercaya menggelar agenda internasional bertajuk Prepatory Committe Meeting 3 (PrepCom3) for Habitat III. Agenda yang mengusung tema terkait lingkungan dan permukiman yang berlangsung pada 25-27 Juli ini diperkirakan dihadiri 2460 peserta yang berasal dari 136 negara.

 

Nah, sebagai tuan rumah, Pemkot Surabaya siap menyukseskan acara ini. Dan, suksesnya acara ini tentunya bergantung pada peran serta semua elemen di Kota Pahlawan. Termasuk dari asosiasi perhotelan dan juga asosiasi pengusaha pengelola pusat belanja Indonesia (APPBI) di Surabaya. Pemkot mengundang mereka dalam rapat koordinasi persiapan Prepatory Committe Meeting 3 for Habitat III di ruang sidang wali kota di Balai Kota Surabaya, Jumat (1/4/2016) siang. Agenda ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Wali kota mengajak para pengusaha hotel dan pusat belanja untuk ikut menyukseskan acara ini. Caranya dengan memberikan sambutan yang istimewa kepada para tamu yang datang ke Surabaya. Sebab, tamu-tamu tersebut tidak hanya menggelar meeting, tetapi juga akan menginap di hotel-hotel, serta berkeliling Surabaya, termasuk ke mal-mal.

“Mari kita terima dengan baik-baik tamu kita. Sekali-kali yang sulit senyum kita ajarkan untuk senyum. Karena kalau kita bisa sukses, akan semakin banyak agenda internasional yang akan diadakan di Surabaya,” tegas wali kota Tri Rismaharini.   

Wali kota menegaskan, Pemkot akan berupaya maksimal untuk ikut menyukseskan acara ini. Diantaranya dengan menyiapkan website khusus untuk acara ini. Website yang akan ‘memajang’ keindahan Surabaya itu bakal berisi pesona Surabaya. Karenanya, Pemkot menggandeng fotografer-fotografer di Surabaya untuk hunting foto-foto bagus di Surabaya serta juga para blogger.

“Nanti kita juga kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar kita. Pengelola mal silahkan mempercantik mal-mal masing-masing. Tetapi jangan pasang banner dan spanduk di jalan-jalan karena nanti ada 193 bendera negara peserta yang akan dipasang di beberapa tempat,” sambung wali kota.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menambahkan, acara Prepatory Committe Meeting 3 (PrepCom3) for Habitat III yang digelar di Surabaya, akan memberikan dampak secara ekonomis bagi warga Surabaya. Karenanya, penting untuk mengajak serta asosiasi hotel dan tempat belanja. Sebab, pengusaha hotel dan mal akan sangat terlibat dalam hal menyiapkan hospitality.

“Pasti kita berharap ada dampak secara ekonomis, utamanya untuk sektor wisata di Surabaya. Sesuai arahan bu wali, kita ingin Surabaya menjadi tempat yang nyaman bagi para tamu yang datang,” jelas Wiwiek.

Menurut Wiwiek, Disbudpar Surabaya nantinya akan menyiapkan berbagai paket wisata untuk para tamu. Seperti Festival Jalan Tunjungan, Festival Kalimas. Sebab, selain agenda utama pada 25-27 Juli, juga akan ada site event yang digelar pada H-2 dan H+2. Bila dirangkai, acara ini berarti berlangsung dari 23 hingga 29 Juli 2016. “Ada site event seperti pertunjukan teatrikal dan juga reog Ponorogo di Balai Budaya. Peserta juga bisa menikmati wisata di Surabaya” sambung mantan Kabag Humas Pemkot Surabaya ini.

Website designed for Pusat Studi Infrastruktur Indonesia