HomeKebijakanArtikelArtikelSarana Multi Minta Jaminan Pemerintah Sebelum jadi LPPI

Korban Gempa dan Tsunami Aceh Barat Terima Hibah Tanah

ACEH BARAT, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyerahkan surat keputusan hibah tanah kepada 290 kepala keluarga warga Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan.

Warga penerima hibah tersebut merupakan warga yang menerima rumah bantuan korban tsunami dari lembaga nonpemerintah Islamic Relief Worldwide dan Catholic Relief Services (CRS) di Desa Leuhan.

"Kita hibahkan tanah untuk korban tsunami yang di lokasi rumah bantuan Islamic Relief dan CRS masing-masing seluas 12x16 meter per kepala keluarga," kata Bupati Aceh Barat T Alaidinsyah kepada wartawan, Kamis (7/4/2016).

Hibah tanah pemerintah Kabupaten Aceh Barat kepada korban tsunami yang direlokasi ke Desa Leuhan itu sesuai dengan keputusan Bupati Aceh Barat Nomor 201 Tahun 2016 tentang penghapusan dan pemindahtanganan tanah pemerintah menjadi milik warga.

Pemberian hibah itu dilakukan setelah pemda setempat mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Khusus setempat. Hibah itu juga bertujuan merealisasikan target Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Barat untuk membagikan sertifikat gratis melalui program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona).

Alaidinsyah berharap warga korban tsunami tersebut tidak menjual rumah bantuan yang sudah menjadi hak mereka.

"Kita minta warga segera menyampaikan berkas lengkap ke kantor BPN Aceh Barat, supaya segera diterbitkan sertifikat gratis melalui program Prona," kata dia.

Penerima hibah itu terdiri dari 99 KK yang tinggal di kompleks perumahan bantuan Ismalic Relief dan 191 KK yang mendiami kompleks perumahan CRS. 

Website designed for Pusat Studi Infrastruktur Indonesia