Home

Badan Geologi Rekomendasikan Relokasi Warga

Badan Geologi Rekomendasikan Relokasi Warga

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK UTARA -- Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) menerjunkan tim untuk meneliti kondisi pascagempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur yang menjadi dua lokasi terparah menjadi objek kajian para peneliti. Hasilnya, warga diminta untuk merelokasi huniannya.

Kementerian PUPR Dorong Teknologi Pembangunan Terowongan

Kementerian PUPR Dorong Teknologi Pembangunan Terowongan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong inovasi teknologi terowongan. Pemanfaatan teknologi terowongan sangat dibutuhkan Indonesia yang memiliki topografi beragam, yaitu dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan. Keberadaan terowongan dalam pembangunan jalan akan mempersingkat jarak.

Bareng PUPR, Kemendes akan Bangun Pulau Kecil dan Terluar

Bareng PUPR, Kemendes akan Bangun Pulau Kecil dan Terluar

Jakarta - Pemerintah saat ini tengah menggodok pengembangan daerah pulau Kecil dan terluar. Rapat intensif dilakukan antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Direktur Pengembangan Daerah Pulau Kecil dan Terluar (PDPKT) pada Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes PDTT, Hasrul Edyar, mengungkapkan pihaknya terus melaksanakan koordinasi dengan PUPR. Tujuannya, agar ada sinargi dalam kegiatan-kegiatan di daerah pulau kecil dan terluar. 

"Khususnya dalam hal memenuhi kebutuhan Pengembangan Daerah Pulau Kecil dan Terluar," ujar Hasrul dalam keterangan tertulis, Senin (17/9/2018). 

Rekomendasi Implementasi New Urban Agenda

Rekomendasi Implementasi New Urban Agenda

The Ninth Session of World Urban Forum (WUF9) sebagai kegiatan terbesar pertama mengenai pembangunan perkotaan yang dilaksanakan setelah pengadopsian New Urban Agenda (NUA) telah sukses dilaksanakan pada tanggal 7-13 Februari 2018. WUF9 berhasil melibatkan lebih dari 22.000 peserta yang berasal dari 165 negara dan dihadiri lebih dari 100 menteri, menjadi salah satu forum perkotaan tersukses yang pernah dilaksanakan.

Pemuda Indonesia menuju The Ninth World Urban Forum (WUF9)

 

Pemuda Indonesia menuju The Ninth World Urban Forum (WUF9)

Dewasa ini, lebih dari 50% penduduk dunia tinggal di perkotaan. Tahun 2050, diperkirakan angka tersebut akan berubah menjadi 70%. Urbanisasi menjadi tantangan yang tidak terelakan dalam pembangunan perkotaan. Oktober 2016 lalu, PBB melalui Konferensi Habitat III telah mengadopsiNew Urban Agenda (NUA) sebagai platform baru menuju pembangun perkotaan berkelanjutan, yang sejalan dengan Tujuan 11 Sustainable Development Goals, “Make Cities Inclusive, Safe, Resilience and Sustainable”.

Rini Akui Persoalan Konsesi Kereta Cepat Bisa Ganggu Iklim Investasi

Jakarta -Perjanjian konsesi kereta cepat Jakarta-Bandung belum disepakati antara PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Salah satu persoalannya ialah perbedaan pendapat soal mulai berlakunya masa konsesi selama 50 tahun.

Website designed for Pusat Studi Infrastruktur Indonesia